Xiaomi telah resmi mulai menguji sistem operasi HyperOS 2.0. Kabar terbaru yang didapat oleh tim XiaomiTime menunjukkan bahwa HyperOS 2.0 sedang diuji coba secara resmi. Sebelumnya, ada beberapa bocoran tentang HyperOS 2.0 selama beberapa minggu, tapi masih belum jelas kebenarannya. Tapi sekarang, tim XiaomiTime telah menemukan informasi penting yang mengonfirmasi bahwa HyperOS 2.0 benar-benar sedang diuji.

Menurut laporan dari Gizmochina, Xiaomi sekarang tengah mempercepat pengembangan HyperOS 2.0. Mereka telah menemukan ekstensi baru bernama [OSBigversion] di server Xiaomi OTA. Ekstensi ini bertugas untuk menunjukkan versi HyperOS yang digunakan. Jadi, misalnya jika perangkat Anda menggunakan HyperOS 1.0, ekstensi akan muncul sebagai [OSBigversion] => 1.0. Dan jika Anda menggunakan HyperOS 2.0, ekstensi ini akan terlihat sebagai [OSBigversion] => 2.0.

Sebelumnya, tidak ada ekstensi OSBigversion, hanya ekstensi [Bigversion] untuk versi utama MIUI. Ekstensi Bigversion ini menunjukkan versi MIUI utamanya. Jadi, jika Anda menggunakan MIUI 14 misalnya, akan muncul sebagai “[bigversion] => 14”. Namun, kali ini Xiaomi telah menggunakan ekstensi “OSBigversion” khusus untuk HyperOS.

Ekstensi ini ditambahkan ke server OTA agar bisa membedakan versi-versi baru dari HyperOS. Dengan adanya ekstensi baru ini, pembaruan bagi versi HyperOS baru dapat tiba dengan lancar di perangkat Anda tanpa masalah. Ini menandakan bahwa pengembangan HyperOS 2.0 sudah resmi dimulai.

Selain itu, versi HyperOS memiliki nomor build yang dimulai dengan V816. Pertama kalinya MIUI dirilis pada tanggal 16 Agustus 2010. Oleh karena itu, Xiaomi menetapkan nomor build tersebut ke V816. Sebenarnya ada cerita menarik terkait nomor build ini.

Sebelum rilis HyperOS 1.0, versi baru tersebut memiliki nomor build V15. Hal ini menunjukkan bahwa HyperOS 1.0 adalah hasil rebranding dari MIUI 15. Beberapa orang sempat berspekulasi bahwa Xiaomi sedang membuat sistem operasi baru, namun ternyata tidaklah demikian.

Diperkirakan HyperOS 2.0 akan diumumkan bersamaan dengan seri Xiaomi 15 pada bulan Oktober nanti. Xiaomi biasanya mengumumkan antarmuka pengguna baru dengan acara peluncuran besar dan merilis pembaruan secara bertahap setelahnya. Kita tinggal menunggu dengan sabar kehadiran HyperOS 2.0. Semoga saja pembaruan ini membawa keunggulan baru bagi pengguna Xiaomi di seluruh dunia. Terima kasih telah membaca!

By admin