Fitur iOS 18 Hadir Dengan 5 Keunggulan yang Ada Pada Android

Lintas Gadget – Fitur kustomisasi home screen dan lock screen akhirnya hadir di iOS 18, menawarkan fleksibilitas yang telah lama dinikmati oleh pengguna Android. Pada iOS 18, pengguna dapat mengubah tata letak ikon aplikasi sesuai dengan preferensi mereka. Mereka juga dapat menambahkan widget yang memberikan informasi cepat dan relevan seperti cuaca, kalender, dan berita langsung di home screen. Selain itu, pengguna iOS kini dapat mengatur wallpaper pada home screen dan lock screen secara terpisah, memberikan sentuhan personal yang lebih besar pada perangkat mereka.

Di sisi lain, Android sudah lama dikenal dengan kemampuannya yang luas dalam hal kustomisasi. Pengguna Android dapat mengubah hampir setiap aspek dari home screen mereka, mulai dari ikon aplikasi hingga ukuran dan jenis widget. Mereka juga memiliki kebebasan untuk menggunakan launcher pihak ketiga yang menawarkan lebih banyak opsi personalisasi. Widget di Android juga cenderung lebih interaktif dan dapat diubah ukurannya sesuai kebutuhan pengguna.

Walaupun iOS 18 membawa banyak fitur kustomisasi yang serupa dengan Android, ada beberapa perbedaan yang mencolok. Misalnya, pada iOS, tata letak ikon aplikasi masih diatur dalam grid yang ketat, sementara Android memberikan kebebasan lebih besar dalam menempatkan ikon di mana saja dalam grid. Selain itu, kendati iOS 18 memperkenalkan berbagai widget, pilihan dan variasi widget di Android masih lebih luas.

Kedua platform ini kini menawarkan berbagai cara bagi pengguna untuk mempersonalisasi perangkat mereka, meski dengan pendekatan yang sedikit berbeda. iOS 18 memberikan keseimbangan antara kustomisasi dan konsistensi desain, sementara Android terus menawarkan fleksibilitas maksimal. Dengan demikian, pengguna dapat memilih platform yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka dalam hal personalisasi perangkat.

Fitur Perekam Panggilan Suara

Salah satu fitur yang sangat dinantikan oleh pengguna iOS adalah perekam panggilan suara, yang telah lama tersedia di Android melalui berbagai aplikasi dan integrasi bawaan. Pada iOS 18, fitur ini akhirnya hadir dengan beberapa keunggulan dan perbedaan dibandingkan dengan implementasi pada Android.

Perekam panggilan suara di iOS 18 dirancang dengan antarmuka pengguna yang intuitif dan mudah digunakan. Pengguna dapat mengakses fitur ini langsung dari aplikasi Telepon dengan menekan tombol khusus yang muncul saat panggilan berlangsung. Selain itu, terdapat opsi untuk mengatur perekaman otomatis untuk kontak tertentu atau semua panggilan masuk dan keluar.

Privasi adalah aspek penting yang diperhatikan oleh Apple dalam pengembangan fitur ini. Setiap kali perekaman panggilan diaktifkan, pengguna akan menerima notifikasi visual dan audio yang menginformasikan bahwa panggilan sedang direkam. Selain itu, rekaman panggilan ini akan disimpan secara lokal di perangkat dan dilindungi oleh enkripsi end-to-end, menjaga data tetap aman dan hanya bisa diakses oleh pengguna yang berwenang.

Untuk mengakses rekaman, pengguna cukup membuka aplikasi Pengaturan dan menuju ke bagian Panggilan. Dari sini, semua rekaman panggilan dapat diputar, dibagikan, atau dihapus sesuai kebutuhan. Fitur pencarian juga disediakan untuk mempermudah penemuan rekaman tertentu berdasarkan tanggal atau kontak.

Jika dibandingkan dengan aplikasi perekam panggilan di Android, fitur bawaan iOS 18 menawarkan integrasi yang lebih mulus dan perlindungan privasi yang lebih kuat. Meskipun banyak aplikasi Android menawarkan fungsionalitas serupa, integrasi sistem yang mendalam dan kebijakan privasi Apple memberikan nilai tambah bagi pengguna iOS.

Fitur iOS 18 Gaming Mode

iOS 18 menghadirkan Gaming Mode, sebuah fitur yang dirancang khusus untuk meningkatkan pengalaman bermain game di perangkat iPhone. Fitur ini tidak jauh berbeda dengan yang telah lama ada di platform Android. Gaming Mode pada iOS 18 mengoptimalkan kinerja perangkat dengan cara memfokuskan sumber daya CPU dan GPU untuk permainan yang sedang berjalan, sehingga permainan dapat berjalan lebih lancar dan responsif.

Salah satu fungsi utama Gaming Mode adalah mengurangi gangguan selama bermain game. Ketika mode ini diaktifkan, notifikasi yang masuk akan diatur prioritasnya dan hanya notifikasi yang sangat penting yang akan ditampilkan. Selain itu, panggilan telepon dan pesan teks dapat diminimalkan atau dibisukan sementara, sehingga pemain dapat tetap fokus pada permainan mereka tanpa interupsi yang tidak diinginkan.

Fitur canggih lainnya yang disediakan oleh Gaming Mode di iOS 18 termasuk kemampuan untuk merekam layar. Ini memungkinkan para pemain untuk menangkap momen-momen penting dalam permainan mereka. Kemudian dapat dibagikan dengan teman atau diunggah ke platform media sosial. Selain itu, mode ini juga menawarkan berbagai pengaturan yang dapat disesuaikan, seperti penyesuaian sensitivitas layar sentuh dan pengaturan kecerahan layar yang bisa disesuaikan sesuai preferensi pengguna.

Jika dibandingkan dengan mode permainan yang ada di Android. Keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memberikan pengalaman bermain game terbaik bagi pengguna. Namun, masing-masing platform memiliki pendekatan yang sedikit berbeda. Android, misalnya, telah lama menawarkan Game Mode dengan berbagai fitur seperti Game Launcher. Fitur ini memungkinkan manajemen game yang lebih mudah dan integrasi dengan platform gaming lainnya. Sementara itu, iOS 18 berusaha mengejar ketertinggalan dengan menghadirkan fitur-fitur serupa yang kini semakin lengkap dan user-friendly.

Fitur iOS 18 untuk Menyembunyikan Aplikasi

Menyembunyikan aplikasi adalah fitur privasi penting yang kini hadir di iOS 18, yang sebelumnya telah menjadi bagian dari banyak perangkat Android. Pada iOS 18, pengguna dapat menyembunyikan aplikasi dengan mudah melalui pengaturan yang tersedia. Proses ini melibatkan beberapa langkah sederhana. Pertama, pengguna harus masuk ke “Pengaturan”. Kemudian, pilih “Layar Utama” dan cari opsi “Sembunyikan Aplikasi”. Dari sini, pengguna dapat memilih aplikasi mana yang ingin disembunyikan. Aplikasi yang disembunyikan tidak akan muncul di layar utama, namun tetap dapat diakses melalui App Library atau pencarian.

Sebagai perbandingan, metode untuk menyembunyikan aplikasi di perangkat Android bervariasi tergantung pada produsen dan versi sistem operasi. Pada umumnya, pengguna Android dapat menyembunyikan aplikasi melalui pengaturan launcher atau dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Misalnya, pada perangkat Samsung, pengguna dapat membuka App Drawer, kemudian mengetuk tiga titik di pojok kanan atas dan memilih “Sembunyikan Aplikasi”. Aplikasi yang disembunyikan akan hilang dari App Drawer, tetapi masih dapat diakses melalui pengaturan atau aplikasi pihak ketiga.

Keunggulan dari fitur menyembunyikan aplikasi di iOS 18 adalah integrasi yang lebih menyeluruh dan kemudahan akses melalui App Library. Pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk menggunakan fitur ini. Selain itu, antarmuka yang konsisten dan langkah-langkah yang sederhana membuatnya lebih user-friendly. Di sisi lain, Android menawarkan fleksibilitas yang lebih tinggi dengan berbagai metode untuk menyembunyikan aplikasi, termasuk opsi untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga yang mungkin menawarkan lebih banyak fitur.

Namun, ada beberapa keterbatasan pada kedua platform. Pada iOS 18, aplikasi yang disembunyikan masih dapat muncul dalam hasil pencarian, yang mungkin mengurangi tingkat privasi yang diinginkan. Sementara itu, pada Android, penggunaan aplikasi pihak ketiga mungkin menimbulkan kekhawatiran terkait keamanan dan privasi. Meskipun demikian, kedua platform terus berusaha untuk meningkatkan fitur privasi mereka sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Menghapus Objek Foto

Fitur menghapus objek foto kini hadir di iOS 18, memberikan pengguna kemampuan untuk mengedit gambar dengan lebih mudah. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghilangkan elemen yang tidak diinginkan dalam foto dengan sekali gesek. iOS 18 menggunakan algoritma pengenalan objek canggih yang didukung oleh pembelajaran mesin untuk mendeteksi dan menghapus objek secara otomatis. Algoritma ini bekerja dengan menganalisis gambar, mengidentifikasi objek yang dapat dihapus. Serta mengisi area yang dihapus dengan konteks visual yang sesuai.

Proses penghapusan objek di iOS 18 sangat intuitif. Pengguna hanya perlu memilih objek yang ingin dihapus, dan sistem akan secara otomatis menghilangkan objek tersebut dan memperbaiki latar belakang seolah-olah objek tersebut tidak pernah ada. Kualitas hasil akhir yang dihasilkan oleh fitur ini sangat tinggi, dengan perbaikan yang mulus dan alami pada area yang dihapus.

Di sisi lain, aplikasi pengeditan foto di Android sudah lama menawarkan fitur serupa. Beberapa aplikasi populer seperti Snapseed dan Adobe Photoshop Express telah menyediakan kemampuan menghapus objek dengan teknologi serupa. Namun, yang membedakan iOS 18 adalah integrasi fitur ini secara native dalam sistem operasi, membuatnya lebih mudah diakses tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan.

Inovasi di fitur iOS 18 memungkinkan pengguna untuk melakukan pengeditan foto dengan lebih efisien dan cepat, tanpa memerlukan keterampilan teknis yang tinggi. Hal ini dapat mengubah cara pengguna iOS dalam melakukan pengeditan foto, menjadikannya lebih praktis dan menyenangkan. Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat dengan mudah membersihkan foto dari elemen yang mengganggu dan mendapatkan hasil yang bersih dan profesional di perangkat mereka.

By admin